Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)

Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat) menjadi sajian menarik hari ini buat kalian yang memang sedang mencari informasi berhubungan dengan berita dengan judul Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat) dalam kategori kalian bisa melihat lengkap dibawah ini. Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau
al-Makhturat)
. Kamu mesti sering belajar bakal mendapatkan banyak pengetahuan. Disini mau berbagi kepada kalian yang suka seraya berita terkini, semoga bisa menjadikan kamu mendapatkan pilihan utama intern membaca share terbaru.Doa al-Ma’tsurat yang intern bahasa Arab المأثورات setimpal doa-doa yang bersumber dari Nabi Muhammad SAW seraya sanad yang shahih. Doa-doa Ma’tsurat atau sering ditulis seraya doa al-Mathurat atau ada yang menuliskannya seraya al-Makhturat, meski penulisan ini salah dari sisi transliterasi. Namun bisa yang dimaksudkan setimpal sama. Doa al-Ma’tsurat ini benar-benar dianjurkan bakal dibaca pagi serta sore hari.
Apa fadhilah atau keutamaan membaca doa-doa al-Ma’turat ini? Insya Allah seraya istiqomah membacanya pagi serta sore, kita bakal memperoleh ketenangan , ke tenteram serta kenyamanan intern hati. Apapun yang dihadapi hari itu kagak bakal membuatnya menjelma gelisah serta galau pada dirinya.
Dan berikut ini seputar fadhilah serta manfaat membaca doa al ma’tsurot yang diambil dari seputar riwayat:
Diriwayatkan dari Sya’bi dari Ibnu Mas’ud R.A, “ Barang siapa yang membaca 10 ayat dari surat al Baqarah di rumah, setan kagak masuk ke rumah tersebut malam itu sampai pagi hari, empat ayat yang pertama, ayat kursi, serta dua ayat setelahnya, serta penutupnya ( tiga ayat terakhir). (HR.Thabrani )
Dari Abdullah bin Hubaib berkata: Rasulullah saw bersabda kepadaku, “ Bacalah Qul huwallahu ahad’, serta mu’awwadzataini ( qul a’udzubirabbil falaq..serta qul a’udzubirabbinnas..) ketika pagi serta sore tiga kali, cukup untukmu segala sesuatu.’(HR.abu Dawud serta Turmudzi )
Adalah Nabi saw, jika masuk sore hari membaca : “ Amsaina Wa amsalmulku lillah….serta jika masuk pagi hari beliau membaca: ashbahna wa ashbahal mulku lillah..( HR.Muslim ) Dari Abdurrahman bin Abza dari Nabi saw, bahwa beliau membaca ‘ asbahna ‘ala fitratil islam…( HR.Ibnu Abi Syaibah serta Ahmad)
Keutamaan membaca al ma’tsurot lainnya setimpal sebagaimana yang diriwayatkan Dari Ibnu Abbas ra. Berkata, Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang mengucapkan ketika pagi hari, ‘ Allahumma inni asbahtu minka fi ni’matin….’ tiga kali ketika pagi hari serta tiga kali ketika sore, Allah menyempurnakan nikmatnya atasnya.” (HR.Ibnu Saunni)
Dari Abdullah bin Ghannam al-Bayadhi, sesungguhnya Rasulullah saw, bersabda,” Barang siapa yang membaca ketika pagi ‘ Allahumma maa ashbaha bii min ni’matin au bi ahadin min khalkika falakal hamdu walakasyukr’ sungguh telah menunaikan syukur hari itu, serta siapa yang membaca pada sore hari, sungguh telah menunaikan syukur malamnya.” ( HR.Abu Dawud)
Dari Tsauban ra. Berkata rasulullah saw bersabda,” Barang siapa yang mengucapkan ketika sore hari ‘ radhitu billahi rabba wabil islami diina wabi muhammadin nabiyya…setimpal hak buat Allah bakal menjadikan ia ridha.” ( HR.Turmudzi)
Ibnu Abbas berkata Rasulullah saw. Keluar dari (menemui) Juwairiyyah, serta ia berad di mushalanya, serta beliau kembali sedang juwairiyyah masih di mushallanya. Lantas Rasulullah bersabda,” Engkau tak henti-hentinya di mushollamu ini. “ Dia membalas, “ya. Beliau bersabda,” Sungguh aku telah mengucapkan empat kalimat tiga kali kalau ditimbang seraya apa yang engkau katakan niscaya kian berat dari yang engkau ucapkan, “ Subhanallahu wabihamdihi ‘adada kholqihi…”(HR.Muslim).
Dari Utsman bin Affan ra. Berkata, Rasulullah bersabda,”Tidak ada seorang hamba membaca pada pagi hari setiap hari serta pada sore hari setiap malam, “ Bismillaahi lladzi laa yadzurru m’asmihi syai’un……’ tiga kali maka kagak ada satupun yang membahayakannya.”(HR.Abu dawud serta Turmudzi).
Dari Abi Sa’id al-Khudri berkata, beliau bersabda,”Katakanlah jika engkau masuk pagi serta di sore hari “ Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali…..’ Ia berkata,” maka aku lakukan hal itu lantas Allah menghilangkan kesusahanku serta menunaikan utangnya.”(HR.Abu Dawud).
Dari Abdurrohman bin Abi Bakrah ia berkata kepada bapaknya,”Wahai bapakku, sungguh aku mendengar engkau berdoa setiap pagi : ‘ Allahumma ‘aafini fi badani ….’engaku ulang tiga kali setiap pagi serta sore, serta engkau juga mengucapkan ‘ Allahumma inni a’udzubika minal kufri wal faqri…’ engkau ulang tiga kali tiap pagi serta sore. ‘ ia berkata.” Ya wahai anakku, aku mendengar Nabi saw berdoa dengannya, serta aku ingin mengikuti sunnahnya.”(HR.Abu Dawud, Ahmad, serta Nasai).
Dari Nabi saw, “ Penghulu istighfar setimpal Allahumma anta rabbi…’barangsiapa membacanya di siang hari yakin dengannya, kemudian mati hari itu sebelum sore hari maka ia juga ahli surga, serta siapa yang membaca pada malam hari yakin dengannya lalu ia mati sebelum pagi hari, maka ia juga ahli surga,”(HR.Bukhari)
Dari Abu Ayyasy, sesungguhnya Rasulullah saw, bersabda, ‘Barangsiapa yang mengucapkan ketika pagi hari ‘ laa ilaaha illallah….setimpal baginya sebanding memerdekakan budak dari putra Isma’il, ditulis untuknya sepuluh kebaikan, dihapus sepuluh kesalahan, diangkat sepuluh derajat, serta ia intern penjagaan dari setan sampai sore, serta jika ia baca ketika masuk sore maka baginya seperti itu pula.’(HR.Abu Dawud, Nasa’i, serta Ibnu Hibban).
Dan bakal membantu pembaca menghafalkan doa-doa al-Ma’tsurat ini (al-Mathurat, al-Makhturat) bakal admin postingkan urutan bacaan doa al-Ma’tsurat yang disusun oleh Imam Hasan al-Banna berikut ini:
Bacaan Doa Al-Ma’tsurat (al-Mathutat/al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)

Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)


Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)

Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)












Demikian doa-doa al-Ma’tsurat dari Rasulullah SAW yang bisa kamu amalkan serta dibaca setiap pagi serta sore. Semoga bermanfaat bakal kita semua. Jika ada pertanyaan silahkan isi kotak komentar, insyaAllah bakal kami bantu jika kami bisa.

Source Article and Picture : khusus-doa.blogspot.com





Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top